Edukasi Penyiapan Tas Siaga Bencana Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Kesiapsiagaan Remaja di Daerah Rawan Bencana Kabupaten Bantul
DOI:
https://doi.org/10.56742/nchat.v5i2.174Keywords:
Edukasi Bencana, Kesiapsiagaan, Remaja, Tas Siaga BencanaAbstract
Kabupaten Bantul merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki skor indeks risiko bencana tinggi, khususnya bencana gempa bumi karena berada pada zona seismik yang aktif. Sebagai upaya pengurangan risiko bencana, remaja yang dinamis dan mudah menerima informasi memiliki potensi besar dalam membangun kesadaran dan perilaku tanggap bencana. Peran ini menjadikan mereka sebagai bagian dalam upaya menciptakan masyarakat yang lebih siap dalam menghadapi bencana. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas edukasi penyiapan tas siaga bencana terhadap tingkat pengetahuan dan kesiapsiagaan pada remaja di Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan bentuk one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian sebanyak 61 anggota Karang Taruna yang dipilih melalui teknik convinience sampling, alat ukur dalam penelitian ini berupa kuesioner. Variabel independen dalam penelitian ini adalah edukasi penyiapan tas siaga bencana dan variabel dependennya yaitu tingkat pengetahuan dan kesiapsiagaan. Analisis statistik menggunakan uji Paired t-test dengan hasil menunjukkan bahwa rata-rata skor pengetahuan meningkat dari 64.1 ± 9.3 menjadi 82.7 ± 6.4 dengan (p = 0.000), sedangkan kesiapsiagaan meningkat dari 61.3 ± 10.1 menjadi 79.6 ± 7.5 (p = 0.030). Hasil ini menunjukkan bahwa edukasi penyiapan tas siaga bencana efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan remaja, meskipun peningkatan pengetahuan lebih signifikan dibandingkan kesiapsiagaan. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa intervensi edukatif yang bersifat praktis dan partisipatif dapat dijadikan strategi peningkatan kesiapsiagaan komunitas melalui kelompok remaja.
References
Sukumaran K. Impact of human activities inducing and triggering of natural disasters. In: A System Engineering Approach to Disaster Resilience: Select Proceedings of VCDRR 2021. Springer; 2022. p. 17–31. [View at Pulisher] [Google Scholar]
Noji EK. The public health consequences of disasters. Prehosp Disaster Med. 2000;15(4):21–31. [View at Pulisher] [Google Scholar]
Chaudhary MT, Piracha A. Natural disasters—origins, impacts, management. Encyclopedia. 2021;1(4):1101–31. [View at Pulisher] [Google Scholar]
Wang C, Zhao H, Zhang Y, Shi R. Divergent pathways in urban residents’ emergency behavior in China: a social cognition theory perspective based on a survey of 6,817 individuals across 72 communities. Front Public Heal. 2025;13:1621114. [View at Pulisher] [Google Scholar]
Guo L, Fang M, Liu L, Chong H, Zeng W, Hu X. The development of disaster preparedness education for public: a scoping review. BMC Public Health. 2025;25(1). [View at Pulisher] [Google Scholar]
Guo L, Fang M, Liu L, Chong H, Zeng W, Hu X. The development of disaster preparedness education for public: a scoping review. BMC Public Health. 2025;25(1). [View at Publisher] [Google Scholar]
Rahil NH, Amestiasih T. Analisis Faktor Yang Berhubungan dengan Kesiapsiagaan Pemuda dalam Menghadapi Bencana Gempabumi. J Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati. 2021;6(1):107. [View at Publisher] [Google Scholar]
Nurdiawati E, Jubaedi A, Holila RA. Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Faletehan Heal J. 2024;11(02):227–33. [View at Publisher] [Google Scholar]
Fu Q, Zhang X. Promoting community resilience through disaster education: Review of community-based interventions with a focus on teacher resilience and well-being. PLoS One. 2024;19(1 January):1–22. [View at Publisher] [Google Scholar]
Kim DH, Kim D, Kang H. A scoping review of health risks and outcomes from disasters in the Republic of Korea. BMC Public Health. 2025;25(1). [View at Publisher] [Google Scholar]
Hermansyah H, Muhammad M, Nurhayati N, Masyudi M. Effectiveness of School-Based Disaster Management Education on Knowledge and Preparedness of D-III Nursing Study Program Students. J Penelit Pendidik IPA. 2023;9(SpecialIssue):945–52. [View at Publisher] [Google Scholar]
Patrisina R, Hadiguna RA, Taufik T, Muluk A, Putra HD. Designing A Disaster Preparedness Bag by Considering Ergonomics Aspect. Cived. 2024;11(2):759–66. [View at Publisher] [Google Scholar]
Budhiana J, Dewi R, Huda A, Hasibuan SH. Efektivitas Edukasi dan Simulasi Bencana terhadap Persepsi serta Kesiapsiagaan Remaja Media Karya Kesehatan?: Volume 8 Issue 1 May 2025 Pendahuluan Sebagai negara yang diklasifikasikan sebagai rawan bencana , Indonesia telah mengalami berbagai macam benca. 2025;8(1):121–35. [View at Publisher] [Google Scholar]
Winoto PMP, Zahroh C. Pengaruh Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Melalui Metode Simulasi Terhadap Peningkatan Ketrampilan Dalam Mengahadapi Bencana Pada Mahasiswa Siaga Bencana (Magana) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. J Heal Sci. 2020;13(2):157–64. [View at Publisher] [Google Scholar]
Titisari G, Nurohman S, Suyanta S, Rejeki S. Earthquake Disaster Preparedness Profile Among Students in Bantul. J Penelit Pendidik IPA. 2024;10(2):609–18. [View at Publisher] [Google Scholar]
Singh K, Devi SL. “A Quasi Experimental Study To Assess The Effectiveness Of Educational Package On Knowledge Regarding Disaster Preparedness Among High School Students At Adityanath Jha Inter College Rudrapur, Uttarakhand.” Nanotechnol Perceptions. 2024;20(S13):1581–92. [Google Scholar]
Assidiqi MNF, Juhadi J, Banowati E. Upaya Peningkatan Pengetahuan Bencana melalui Prototipe Aplikasi LANDIE (Landslide Disaster Education). Jambura Geo Educ J. 2023;4(2):167–78. [View at Publisher] [Google Scholar]
Fibriyanti E, Cloridina H. Hubungan Unit Kerja dengan Kesiapsiagaan Perawat dalam Kegawatdaruratan Bencana?: Studi Empiris di Layanan Kesehatan Primer. 2025;9:3256–62. [Google Scholar]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Efi Fibriyanti, Agustina Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








