Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah Selama Menjalani Perawatan di Rumah Sakit
DOI:
https://doi.org/10.56742/nchat.v1i3.24Keywords:
Terapi Bermain, Mewarnai, Kooperatif, Usia Prasekolah, Rumah SakitAbstract
Dampak yang dijalani oleh anak usia prasekolah selama menjalani perawatan dirumah sakit menimbulkan perasaan tidak nyaman, cemas bahkan takut terhadap perawat saat dilakukan tindakan keperawatan yang berdampak pada sikap kooperatif selama menjalaini perawatan . Terapi bermain mewarnai gambar adalah bentuk tindakan terapi bermain yang dapat dilakukan perawat untuk mengurangi rasa takut, cemas dan tidak nyaman agar anak dapat lebih kooperatif selama dirawat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas terapi bermain mewarnai gambar terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah selama dirawat dirumah sakit. Desain penelitian menggunakan pre experiment design dengan pendekatan one group pre-test-post design Sampel diambil dengan teknik probability sampiling dengan pendekatan accidental sampling sebanyak 23 responden anak usia prasekolah yang dirawat di Rumah Sakit Stella Maris Makassar. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan ?=0,05 (5%) diperoleh nilai p=0,000 sehingga p<? artinya ada pengaruh terapi bermain mewarnai gambar terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah yang menjalani perawatan. Hasil penelitian diperoleh nilai p =0,000 hal ini menunjukkan terapi bermain mewarnai gambar efektif dalam meningkatkan sikap kooperatif anak usia prasekolah selama menjalani perawatan dirumah sakit. Kesimpulan dari penelitian ini menujukkan bahwa terapi bermain mewarnai memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkatk kooperatif anak usia prasekolah selama menjalani perawatan dirumah sakit.
References
Yati M, Wahyuni S, Islaeli I. the Effect of Storytelling in a Play Therapy on Anxiety Level in Pre-School Children During Hospitalization in the General Hospital of Buton. Public Heal Indones. 2017;3(3):96–101.
Pribadi T, Elsanti D, Yulianto A. Reduction of Anxiety in Children Facing Hospitalization By Play Therapy: Origami and Puzzle in Lampung-Indonesia. Malahayati Int J Nurs Heal Sci. 2019;1(1):29–35.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Data dan Informasi - Profil Kesehatan Indonesia (Data and Information - Indonesia Health Profil). Profil Kesehat Indones [Internet]. 2017;1–184. Available from: http://www.pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Data-dan-Informasi_Profil-Kesehatan-Indonesia-2017.pdf
Astarani K, Richard SD. Bibliotherapy Strategy: Experimental Study To Reduce Hospitalization Stress In Pre-School Children. Str J Ilm Kesehat. 2020;9(2):917–25.
Purna pramesti pradira triwahyu, Sawitri prihatini monika, Yuliati A. The influence of THERAPY PLAY ON THE LEVEL OF COOPERATIVE CHILDREN. Pengaruh Ter Bermain Terhadap Tingkat Koop Anak Usia Prasekolah. 2016;4(1):65–72.
Hasnita E, Gusvianti S. Meningkatkan Kooperatif Selama Menjalani Perawatan Pada Anak Usia Prasekolah ( 3-5 Tahun ). J Mutiara Ners. 2018;24–30.
Godino-Iáñez MJ, Martos-Cabrera MB, Suleiman-Martos N, Gómez-Urquiza JL, Vargas-Román K, Membrive-Jiménez MJ, et al. Play therapy as an intervention in hospitalized children: A systematic review. Healthc. 2020;8(3):1–12.
Wowiling F, Ismanto A, Babakal A. Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi Di Ruangan Irina E Blu Rsup. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. J Keperawatan UNSRAT. 2014;2(2):105672.
Kyle T, Carman S. Essentials of Pediatric Nursing 2nd Edition. 2013.
Prasetya IF. The Effect Of Colouring Pictures Treatment On Anxiety In Pre-School Age Patient Hospitalized At Baladhika Husada Hospital Jember. UNEJ E-PROCEDDING [Internet]. 2020;IV(0331):43–7. Available from: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/issue/view/1041
Bazargan Y, Pakdaman S. The Effectiveness of Art Therapy in Reducing Internalizing and Externalizing Problems of Female Adolescents. Arch Iran Med. 2016;19(1):51–6.
Ramdaniati S, Hermaningsih S,   M. Comparison Study of Art Therapy and Play Therapy in Reducing Anxiety on Pre-School Children Who Experience Hospitalization. Open J Nurs. 2016;06(01):46–52.
Jeon M-H, Myers CE. Triadic Model for Working with Parents in Child Therapy Settings. J Educ Pract [Internet]. 2017;8(9):5–12. Available from: http://ezproxy.lib.uconn.edu/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1138847&site=ehost-live
Cochran JL, Cochran NH. Effects of Child-Centered Play Therapy for Students With Highly-Disruptive Behavior in High-Poverty Schools. J Child Adolesc Couns. 2017;3(2):88–102.
COLIN V, KERAMAN B, MAYDINAR DD, ECA E. Pengaruh Terapi Bermain (Skill Play) Permainan Ular Tangga Terhadap Tingkat Kooperatif Selama Menjalankan Perawatan Pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Di Ruang Edelweist Rsud Dr. M Yunus Bengkulu. J Nurs Public Heal. 2020;8(1):111–6.
Iswinarti I, Hormansyah RD. Meningkatkan harga diri anak slow learner melalui Child Centered Play Therapy. Pers Psikol Indones. 2020;9(2):319–34.
Mulyanti S, Kusmana T, D3 P, Fakultas K, Kesehatan I, Muhammadiyah Tasikmalaya U. Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi di RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal BIMTAS: Jurnal Kebidanan Umtas [Internet]. 2018;2(1):20–6. Available from: https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/bimtas/article/view/333
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yunita Gabriela Madu, Siprianus Abdu, Orpa Papidunan, Yunita Noviline Lawalata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.