Pengaruh Edukasi Tentang Protokol Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Penularan Covid-19 pada Anak Usia 10-12 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.56742/nchat.v1i2.15Keywords:
Protokol kesehatan, edukasi, pengetahuan, sikapAbstract
The lack of knowledge and attitudes of children towards health protocols (washing hands, wearing mask, physical distancing) as an effort to prevent COVID-19 is the main factor that causes the incidence of COVID-19 in children to continue and is increasing. So, there is a need for education on health protocols (washing hands, wearing mask, physical distancing) so that children can avoid COVID-19. The purpose of this study was to determine the effect of health protocol education on knowledge and attitudes to prevent COVID-19 transmission in children. This study used a pre-experimental study with a one group pre test-post test design approach. The population in the study was 400 children and the research sample was 78 children aged 10-12 years, which were taken using stratified random sampling technique. The result of the study were analyzed using the Wilcoxon statistical test with a significance level of ?=0,05, the value of p=0,000 was obtained, this shows that there is an effect of health protocol education on knowledge and atitudes to prevent COVID-19 transmission in children aged 10-12 years at Frater Bakti Luhur Elementary School. Providing education has a great impact on increasing knowledge and attitudes.
References
Citrawati NK, Sukraandini NK, Mirayanti NK, Candrawati SAK, Putri NLNDD. Tingkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat Dalam Memutus Rantai Penularan Virus Covid -19 Di Wilayah Desa Tumbu Karangasem. Journal of Community Engagement in Health. 2020;3(2):147–50.
Handayani D, Hadi DR, Isbaniah F, Burhan E, Agustin H. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia. 2020;40(2).
Felicia FV. Manifestasi Klinis Infeksi COVID-19 pada Anak. 2020;47(6):420–3.
Supriatun E, Insani U, Ni J. Edukasi Pencegahan Penularan COVID - 19. 2020;1(2).
Felicia S, Suarca IK. Pelayanan Imunisasi Dasar pada Bayi di Bawah Usia 12 Bulan dan Faktor yang Mempengaruhi di RSUD Wangaya Kota Denpasar Selama Masa Pandemi COVID-19. Sari Pediatri. 2020;22(3):139–45.
Rangki L, Dalla, Fitriani, Alifariki L. Upaya pencegahan dan penanggulangan transmisi covid 19 melalui program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of Community Engagement in Health. 2020;3(2):266–74.
Qunaibi E, Basheti I, Soudy M, Sultan I. Hesitancy of Arab Healthcare Workers towards COVID-19 Vaccination: A Large-Scale Multinational Study. Vaccines. 2021;9(5).
Sabilu YSY, Zainuddin A, Lisnawaty L, Pratiwi AD. Peningkatan Kesadaran Terhadap Pencegahan Covid-19 Melalui Upaya Tracking dan Promosi Kesehatan Berbasis Daring di Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020. JURNAL ANOA. 2020;1(3):200–12.
Mwilike B, Nalwadda G, Kagawa M, Malima K, Mselle L, Horiuchi S. Knowledge of danger signs during pregnancy and subsequent healthcare seeking actions among women in Urban Tanzania: A cross-sectional study. BMC Pregnancy and Childbirth. 2018;18(1):1–8.
Sitorus N, Fransisca L. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan pakai Sabun pada Siswa SD Negeri 157 Kota Palembang Tahun 2014. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang). 2014;2(14).
Nuryati S, Yanti RD. Efektifitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perawatan Nifas dan Kepatuhan Kunjungan Ulang Pada Ibu Nifas di Kota Bogor. Jurnal Bidan"Midwife Journal". 2017;3(01):52–9.
Wardhani DK, Susilorini MR, Angghita LJ, Ismail A. Edukasi Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Abdidas. 2020;1(3):131–6.
Sabarudin S, Ruslin R, Aba L, Hindaryatiningsih N, Syahbudin S, Kapota SS, et al. Edukasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 Secara Online Pada Masyarakat Kota Bau-bau. Jurnal Pengabdian NUSANTARA. 1(1):9–16.
Zulfa F, Kusuma H. Upaya program balai edukasi corona berbasis media komunikasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis. 2020;2(1):17–24.
Audry CL, Putri MR, Hilmi ZMJ, Firmadani F. Edukasi Pencegahan Covid-19 Melalui Media Sosial. Abdipraja (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). 2020;1(1):130–9.
Hardiansyah H. Teori Pengetahuan Edmund Husserl. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin. 2013;15(2):226–36.
Anwar M. Filsafat pendidikan. Kencana; 2015.
Susilawati E, Sengngeng A, Sari LA. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Layanan Voluntary Counseling And Testing (VCT) Pada Ibu Hamil di Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi. NURSING UPDATE: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-ISSN: 2085-5931 e-ISSN: 2623-2871. 2021;12(1).
Hombing WOB. Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Remaja laki-Laki Di SMK Negeri 4 Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta Tentang Antibiotika Dengan Metode CBIA (Cara Belajar Insan Aktif. Fakl Farmasi. 2015;5(2):26.
Handayani I, Lubis Z, Aritonang EY. Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Tentang Buah dan Sayur Pada Siswa MTs-S Almanar Kecamatan Hamparan Perak. Jumantik (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan). 2018;3(1):115–23.
Nafiqoh H, Wulansuci G. Mengembangkan Sikap Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Belajar Di Rumah (BDR). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung. 2021;6(2):98–104.
Fitria A. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2014;5(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mery Sambo, Nikodemus S. Beda, Yolanda Christiana Odilaricha, Litwina Marampa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








