Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan di Ruang Unit Gawat Darurat Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Siti Aisyah Kota Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.56742/nchat.v4i2.83Keywords:
Kualitas pelayanan, Kepuasan Pasien, Tenaga Kesehatan, Unit Gawat DaruratAbstract
Pelayanan kesehatan yang berkualitas di unit gawat darurat (UGD) merupakan faktor utama dalam menentukan kepuasan pasien, terutama di rumah sakit yang memiliki tingkat kunjungan tinggi seperti RSUD Siti Aisyah Kota Lubuklinggau. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dimensi kualitas pelayanan tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan cross-sectional, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 150 pasien yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji chi-square dengan batas kemaknaan statistic 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien memberikan penilaian positif terhadap pelayanan di UGD, terutama pada aspek keandalan dan ketanggapan tenaga kesehatan. Analisis statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dimensi kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien (p = 0.000). Namun, masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, terutama dalam hal waktu tunggu dan interaksi antara tenaga medis dengan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas pelayanan, khususnya dalam aspek komunikasi dan penyediaan fasilitas yang memadai, sangat diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan.
References
Abidova A, da Silva PA, Moreira S. Predictors of patient satisfaction and the perceived quality of healthcare in an emergency department in Portugal. West J Emerg Med. 2020;21(2):391.
Soares AM, Farhangmehr M. Understanding patient satisfaction in a hospital emergency department. Int Rev Public Nonprofit Mark. 2015;12:1–15.
Hoot NR, Aronsky D. Systematic review of emergency department crowding: causes, effects, and solutions. Ann Emerg Med. 2008;52(2):126–36.
Gorla N, Somers TM, Wong B. Organizational impact of system quality, information quality, and service quality. J Strateg Inf Syst. 2010;19(3):207–28.
Rismayanti R, Ilyas GB, Kadir I. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Uptd Kesehatan Puskesmas Bojo Baru Kabupaten Barru. YUME J Manag. 2018;1(3).
Ríos-Risquez MI, García-Izquierdo M. Patient satisfaction, stress and burnout in nursing personnel in emergency departments: A cross-sectional study. Int J Nurs Stud. 2016;59:60–7.
Gok MS, Sezen B. Analyzing the ambiguous relationship between efficiency, quality and patient satisfaction in healthcare services: the case of public hospitals in Turkey. Health Policy (New York). 2013;111(3):290–300.
Rosita B, Khairani U. Analisis Lama Waktu Pelayanan Laboratorium Di Rumah Sakit Umum Daerah Pasaman Barat. J Kesehat Perintis (Perintis’s Heal Journal). 2018;5(1):114–21.
Wiguna NS, Gunawan E. Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Siti Aisyah Lubuklinggau. Cerdika J Ilm Indones. 2022;2(2):275–80.
García-Alfranca F, Puig A, Galup C, Aguado H, Cerdá I, Guilabert M, et al. Patient satisfaction with pre-hospital emergency services. A qualitative study comparing professionals’ and patients’ views. Int J Environ Res Public Health. 2018;15(2):233.
Abass G, Asery A, Al Badr A, AlMaghlouth A, AlOtaiby S, Heena H. Patient satisfaction with the emergency department services at an academic teaching hospital. J Fam Med Prim Care. 2021;10(4):1718–25.
Raposo ML, Alves HM, Duarte PA. Dimensions of service quality and satisfaction in healthcare: a patient’s satisfaction index. Serv Bus. 2009;3(1):85–100.
Hasibuan R. Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja, Pelatihan Dan Kerja Tim Terhadap Kinerja Tenaga Medis Di Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam. J Dimens. 2017;6(2).
Alim A, Tangdilambi N, Badwi A. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar. J Manaj Kesehat Yayasan RS Dr Soetomo. 2019;5(2):165–81.
Layli R. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit: Literature Review. J Pendidik Tambusai. 2022;6(2):12746–52.
Nur’aeni R, Simanjorang A. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. J Healthc Technol Med. 2020;6(2):1097–111.
Supartiningsih S. Kualitas pelayanan kepuasan pasien rumah sakit: kasus pada pasien rawat jalan. J medicoeticolegal dan Manaj rumah sakit. 2017;6(1):9–15.
Rangki L. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Klien Di Ruang Rawatinap Bedah dan Penyakit Dalam RSUD Kota Kendari. Nurs Care Heal Technol J. 2021;1(1):39–46.
Suryati S, Widjanarko B, Istiarti VGT. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. J Kesehat Masy. 2017;5(5):1102–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Zerri, Handi Rustandi, Yalta Hasanudin Nuh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.