Pengaruh Senam Rematik Terhadap Penurunan Skala Nyeri Sendi Pada Lansia di Desa Perigi Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat

Authors

  • Yeni Elviani Prodi Keperawatan Lahat, Poltekkes Kemenkes Palembang, Palembang, Indonesia
  • A Gani Prodi Keperawatan Lahat, Poltekkes Kemenkes Palembang, Palembang, Indonesia
  • Eri Fauziah Prodi Keperawatan Lahat, Poltekkes Kemenkes Palembang, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56742/nchat.v2i2.47

Abstract

Lansia dengan rematik dapat ditingkatkan status fungsional dengan mengurangi nyeri menggunakan metode gerak tubuh yang dikenal dengan senam rematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam rematik terhadap penurun skala nyeri sendi pada Lansia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode survey jumlah sampel sebanyak 50 orang  lansia dengan menggunakan teknik sampling yakni purposive sampling. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji T-test dengan ? =0,05. Penelitian ini adalah Penelitian dengan Pra-Experimental dengan rancangan One Group Pre-test post-test Populasi dalam penelitian ini adalah lansia berumur 45-70 tahun.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang diberikan senam rematik. Dengan teknik pengambilan sampel porpusive sampling. Penelitian ini telah dilakukan bulan juli s.d desember  tahun 2021. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi kemudian diolah dengan komputerisasi dianalisis dengan univariat dan bivariat. Hasil penelitian univariat didapatkan hasil tentang pelaksanaan senam rematik sebanyak 50 orang responden. Hasil penurunan skala nyeri tidak signifikan setelah melakukan senam rematik. Hasil uji statistik di dapatkan sign= 0.002 berarti terlihat ada pengaruh senam rematik terhadap penurunan skala nyeri sendi pada lansia di puskesmas pulau pinang kabupaten lahat. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa ada penurunan skala nyeri setelah melakukan senam rematik pada lansia dan juga disarankan kepada lansia agar selalu rutin melakukan senam rematik.

Author Biographies

A Gani, Prodi Keperawatan Lahat, Poltekkes Kemenkes Palembang, Palembang, Indonesia

Keperawatan

Eri Fauziah, Prodi Keperawatan Lahat, Poltekkes Kemenkes Palembang, Palembang, Indonesia

Keperawatan

References

Afnuhazi R. Pengaruh senam rematik terhadap penurunan nyeri rematik pada lansia. Menara Ilmu. 2018;12(1).

Desmonika C, Liasari DE, Prasetyo R. Penyuluhan kesehatan senam rematik lansia. JOURNAL OF Public Health Concerns. 2022;2(2):77–84.

Marlena F, Juniarti R. Pengaruh Pijat (Massage) Terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Rematik Pada Lansia Di Desa Kertapati Puskesmas Dusun Curup Bengkulu Utara. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu. 2019;7(2):71–4.

Pabebang Y, Ranteallo RR, Purnawaty Y. Pengaruh Terapi Back Massage Terhadap Intensitas Nyeri Rheumatoid Arthritis Pada Lansia di Puskesmas Rantepangli Kab. Toraja Utara Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif. 2022;6(2):151–6.

Kemenkes RI. Hasil utama RISKESDAS 2018 [Internet]. Kementerian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta; 2018. Available from: https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf. Last accessed: 20 June 2022.

Pramono WH. Penerapan Terapi Back Massage Terhadap Intensitas Nyeri Rematik Pada Lansia. JKEP. 2019;4(2):137–45.

Simbolon ME. Literature riview: Efektifitas senam rematik terhadap penurunan nyeri sendi pada lansia penderita reumatoid arthritis. 2021;

Siregar E. Pengaruh Rutinitas Senam Rematik Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Pada Lansia Yang Menderita Rematik Di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur Jambi Tahun 2015. Scientia Journal. 2017;5(1):20–4.

Sitinjak VM, Hastuti MF, Nurfianti A. Pengaruh Senam Rematik terhadap Perubahan Skala Nyeri pada Lanjut Usia dengan Osteoarthritis Lutut. Jurnal Keperawatan Padjadjaran. 2016;4(2).

Susilowati T. Senam Rematik Tingkatkan Kemandirian Lansia Dalam Melakukan Activity Daily Living Di Panti Wreda Dharma Bakti Surakarta. Gaster. 2017;15(1):28–36.

Nurhidayah K, Rustiana Y, Fis SsFTM, Wijianto SST. Pengaruh senam rematik terhadap aktifitas fungsional lansia di komunitas senam lansia Wilayah Kelurahan Nusukan Banjarsari Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakrta; 2012.

Protas EJ, Tissier S. Strength and speed training for elders with mobility disability. Journal of Aging and Physical Activity. 2009;17(3):257.

Dyas AP. Pengaruh senam rematik dan doa terhadap penurunan tingkat nyeri rematik pada lansia osteoartritis. STIKes Insan Cendekia Medika Jombang; 2018.

Suhendriyo S. Pengaruh Senam Rematik Terhadap Pengurangan Rasa Nyeri Pada Penderita Osteoartritis Lutut Di Karangasem Surakarta. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan. 2014;3(1).

Arfitasari B, Abi Muhlisin SKM, Kep M. Pengaruh Pemberian Pelatihan Senam Rematik Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Penderita Rheumatoid Arthtritis di Desa Mancasan Kec. Baki Kab. Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2020.

Suwarni A, Pamungkas IY, Murtutik L. Effektifitas Senam Rematik Terhadap Kemampuan Berjalan Dengan Nyeri Sendi Untuk Mencapai Hidup Yang Sehat Dan Sejahtera Pada Lanjut Usia. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKI). 2016;9(1).

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Elviani, Y., Gani, A., & Fauziah, E. (2024). Pengaruh Senam Rematik Terhadap Penurunan Skala Nyeri Sendi Pada Lansia di Desa Perigi Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat . Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 2(2), 99-104. https://doi.org/10.56742/nchat.v2i2.47