Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.56742/nchat.v1i3.19Keywords:
Dampak, Media Sosial, Bullying, Perilaku, RemajaAbstract
Media sosial dapat memberikan dampak positif tetapi juga dapat memberikan dampak negatif. Remaja merupakan kelompok usia yang paling banyak menggunakan media sosial tetapi juga merupakan kelompok usia yang masih labil dan belum mampu menguasai diri sehingga masih sangat rentan untuk melakukan tindakan-tindakan negatif seperti cyber bullying. Bullying yang sering dilakukan melalui penggunaan media sosial yaitu cyber bullying yang dilakukan melalui menyindir, menghina bahkan mengancam. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat dampak penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying. Penelitian ini merupakan peneltiain observasional analitik dengan rancangan cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi SMP Negeri 1 Tomohon yang berjumlah 291 responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistic chi square dengan tingkat signifikansi 5% (? =0.05) dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosia terhadap perilaku bullying pada remaja. Oleh sebab itu, perlu adanya edukasi dan tindakan proaktif kepada remaja dalam penggunaan media sosial. Selain itu, perlu ditanamkan kepada remaja tentang etika berinternet dan peran orang dalam mengawasi remaja agar dapat menggunakan media sosial secara positif tanpa adanya cyberbullyng.
References
Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia. Undang-Undang Perlindungan Anak. Jakarta: Penerbit Bhuana Ilmu Populer; 2016.
Modecki KL, Minchin J, Harbaugh AG, Guerra NG, Runions KC. Bullying Prevalence Across Contexts: A Meta-analysis Measuring. J Adolesc Heal. 2014;55(5):602–11.
Hidajat M, Adam AR, Danaparamita M, Suhendrik S. Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech Comput Math Eng Appl. 2015;6(1):72.
Wang J, Lannoti RJ, Nansel TR. School Bullying Among Adolescents in the United States: Physical, Verbal, Relational, and Cyber. J Adolesc Heal. 2009;45(1):368–75.
Yusuf H, Fahrudin A. Perilaku Bullying: Asesmen Multidimensi Dan Intervensi Sosial. J Psikol. 2012;11(2):2–8.
Smith P, Mahdavi J, Carvalho M, Fisher S, Russel S, Tippet N. Cyberbullying: its nature and impact in secondary school pupils. J Child Psychol Psychiatry. 2008;49(4):375–85.
databoks. Mayoritas pengguna sosial di Indonesia [Internet]. 2020. Available from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/23/berapa-usia-mayoritas-pengguna-media-sosial-di-indonesia
Arista NM. Studi Komparasi Perbandingan Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Remaja. JKKP J Kesejaht Kel dan Pendidikan). 2015;2(2):26.
Utami ASF, Baiti N. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala J Hum Bina Sarana Inforamtika [Internet]. 2018;18(2):257–62. Available from: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala%0APengaruh
Budiarti AI. Pengaruh Interaksi Dalam Peer Group Terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa. J Pemikir Sosiol. 2016;3(1):1.
Suciartini NNA, Sumartini NLPU. Verbal bullying dalam media sosial ditinjau dari perspektif penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa. Ganaya J Ilmu Sos dan Hum. 2018;1(2):2018.
Sakban A, Sahrul, Kasmawati A, Tahir H. Tindakan bullying di media sosial dan pencegahannya. JISIP. 2018;2(3):205–14.
Suciartini NNA, Sumartini NLU. Verbal Bullying dalam Media Sosial. J Pendidik Bhs Indones. 2018;6(2):152–71.
Surniandari A. Hatespeech Sebagai Pelanggaran Etika Berinternet Dan Berkomunikasi Di Media Sosial. Simnasiptek. 2017;7(1):137–42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wirmando, Fransiska Anita, Verawati Sibiliana Hurat, Verent Vanda Nontje Korompis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.